Subang,itorkeruhnews com-DALAM Rangka memperingati  Hari Kopi Internasional 2024.PT DAHANA subang, menggelar acara Pengenalan Dasar Kopi dari Bibit ke Cangkir untuk karyawan dan masyarakat umum.yang digelar di Saung Kopi Meranti DAHANA, Subang, pada Selasa,( 24/9/ 2024).

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM PT DAHANA Ahyanizzaman membuka secara langsung acara tersebut.

Dalam sambutannya, Ahyanizzaman menuturkan bahwa peringatan Hari Kopi Internasional jangan hanya diperingati untuk menikmati secangkir kopi nikmat. Namun harus menjadi momentum bersama-sama untuk membangun masa depan dunia yang lebih baik.

“PT DAHANA sebagai perusahaan BUMN yang memiliki tanggung jawab sosial, berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan lingkungan yang lestari serta pemberdayaan masyarakat. Salah satu bentuk nyatanya adalah melalui pengembangan industri kopi secara berkelanjutan,” ujar Ahyanizzaman.

Bagi DAHANA, kopi bukan hanya sekadar komoditas, tetapi dinilai memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terkhusus masyarakat petani kopi. PT DAHANA menggandeng Kelompok Tani Hutan Tangkalna Lestari untuk memanfaatkan lahan hutan perusahaan untuk ditanami kopi serta berbagai tumbuhan lain.

Melalui program pemberdayaan masyarakat, DAHANA memiliki tujuan untuk membangun lingkungan yang lestari dengan mendorong praktik pertanian kopi yang berkelanjutan. Sehingga, tidak hanya menghasilkan kopi kualitas tinggi, namun turut menjaga kelestarian lingkungan.

Ahyanizaman menambahkan, program ini juga memiliki tujuan membantu mitra binaan naik kelas dengan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada petani kopi, agar mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen. Serta memberi peluang bagi UMKM untuk terlibat dalam industri kopi, mulai dari pengolahan hingga pemasaran.

“Kami berharap, melalui program ini, kita dapat bersama-sama membangun ekosistem kopi yang kuat dan berkelanjutan, mari kita bersama-sama membangun ekosistem kopi yang kuat dan berkelanjutan. Akhir kata, selamat atas peringatan Hari Kopi Internasional, Semoga secangkir kopi dapat menginspirasi kita semua untuk terus berkarya dan memberikan manfaat bagi sesama,” harap Ahyanizzaman.

Pada acara tersebut, DAHANA mengundang 1st Chairman of Asosiasi Barista Indonesia Arif Budiawan untuk menjadi pemateri Pengenalan Dasar Kopi dari Bibit ke Cangkir. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Rest Area 88.A Cipularang, Kelompok Tani Hutan Tangkalna Lestari Abadi, TJSL Telkom Subang, Mahasiswa Unsub, SMK Negeri Cibogo, dan Karyawan DAHANA(jpn)