Kuningan,itorkeruh.com- BULAN Dana PMI Kabupaten Kuningan Tahun 2021 ditandai penyerahan Penghargaan kepada seluruh Kecamatan dan sebagian SKPD di yang diserahkan oleh Buoati H Acep Purnama selaku Ketua PMI Kabupaten Kuningan di Ruang Rapat lantai II BJB Jl. Siliwangi Kuningan. Menurut Sekda Kuningan DR H Dian Ravhmat Yanuar, M Si, hasil bulan Dana PMI tersebut, dari target Rp 472.030.000 berhasil meraup Rp 413.200.000, ujarnya saat dikonfirmasir, Jumat (22/10/2021).

Sementara, pada tahun 2020 tidak dilsksanakan karena situasi pandemi Covid-19 yang memuncak. Sedangkan tahun sebelumnya 2019 bulan dana PMI masih dilaksanakan dan berhasil mengumpulkan dana Rp 526.080.000 .

Bupati Kuningan H Acep Purnama menyampaikan “Terima kasih Kepada semua pihak yang telah banyak membantu PMI dalam mensukseskan Bulan Dana.” semoga hasil Bulan Dana yang telah diterima nantinya dapat dipergunakan untuk mendukung seluruh program yang direncanakan dengan sebaik-baiknya dalam mendukung program kemanusiaan,” ujarnya.

Peran PMI sebagai bagian dari pelaksanaan Misi di Kab. Kuningan yaitu turut mewujudkan masyarakat yang sehat dengan pelayanan yang baik dan bermutu, sudah terlihat nyata dalam setiap kejadian terutama dalam hal menolong di daerah bencana.

Disamping itu, Peran PMI sangat dirasakan masyarakat terutama dalam menghadapi pandemi covid-19 yang telah membantu baik penyemprotan disinfektan di Sekolah-sekolah, Masjid/Mushola Pondok Pesantren, memberikan bantuan APD dan masker, kegiatan bhakti sosial, ikut membantu kegiatan vaksinasi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan serta yang tidak kalah penting penyediaan darah bagi penderita covid-19 yang dirawat di beberapa Rumah Sakit .

Bupati berharap, semoga PMI Kuningan tetap eksis dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional untuk kesiapsiagaan bencana untuk masyarakat Kabupaten Kuningan .

Sementara, Sekda Dr.H. Dian Rachmat Yanuar, MSi. mengatakan, bahwa, acara ini dalam rangka serah terima hasil kegiatan bulan dana PMI tahun 2021 di kabupaten Kuningan yang dilaksanakan setiap bulan April – september 2021. Kontributor terbaik dalam Bulan Dana PMI ini yaitu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kantor P3D/Samsat, BJB, RSUD dan Kantor Pos & Giro. (Lili)