Bandung, itorkeruh.comBAZNAS Kabupaten Kuningan telah merealisasikan 80 Warung ZMart di 32 Kecamatan, dalam upaya membantu pemberdayaan masyarakat dibidang ekonomi serta mengurangi angka kemiskinandi kabupaten Kuningan.

Hal ini dikatakan Ketua Baznas Kuningan Drs H Yayan Sofyan, MM saat meresmikan Latihan dasar penerima manfaat program z-Mart di Aula Baznas Jl.Juanda Kuningan, Sabtu (28/8/2021) Acara diawali laporan ketua program LPeM Sadam Husen, S.Pd dan peserta menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Baznas Kabupaten Kuningan Drs. H. R Yayan Sofyan MM dalam sambutan- nya mengatakan, program pelatihan ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dengan program z-mart, saya sangat apresiasi kepada LPEM. Dan bersinergi dengan pemerintah, sehingga bisa mengurangi kemiskinan di kabupaten Kuningan.

Pihaknya berharap semoga program ini terus berlanjut di tiap desa dan kelurahan, agar masyarakat bisa mandiri dan lebih maju khususnya di bidang ritel/ warung kecil sehingga perekonomian berkembang dan merata. Program ini sumber dananya dari zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat kabupaten Kuningan, Papar H Yayan.

Sementara itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Penerima Manfaat ZMart yang di pimpin oleh Pendamping program ZMart M. AGUNG Tri sutrisno dan diikuti oleh 30 penerima manfaat ZMart.

Diketahui bahwa Tahun ini Baznas Kabupaten Kuningan melalui Lembaga Progam LPEM kabupaten Kuningan mengalokasikan sekitar Rp 240 juta untuk 30 penerima manfaat Zmart.

Dengan tambahan 30 warung penerima manfaat selama 2 tahun ini Baznas Kabupaten Kuningan telah merealisasikan 80 warung ZMart yang tersebar di 32 kecamatan di kabupaten Kuningan.

ZMart sendiri merupakan program pemberdayaan Warung Ritel mikro, dengan tujuan untuk penetasan kemiskinan agar mampu bersaing dengan minimarket modern, dengan melakukan intervensi dalam 4 hal, yaitu Renovasi warung, pendampingan dalam pengelolaan usaha, Pemberian modal usaha, perluasan pemasaran dan kerjasama.

Acara dihadiri, Komisioner Baznas Dr. H. Uci Sanusi M. Pd, Kepala Program LPeM Sadam Husen S. Pd, serta staf jajaran Baznas. (Kiki)